Siaga Kebakaran Hutan dan Lahan saat Pandemi Covid di Kota Pontianak

DURASI WAKTU

Akhir febuari – akhir maret 2021

Latar Belakang

Penyusun : Lusi Nuryanti S.T (Kepala Markas PMI Kota Pontianak) :

Hutan merupakan sumber daya alam yang sangat erat hubungannya dengan manusia, oleh sebab itu kita wajib untuk menjaga dan melestarikannya, hutan mempunyai peranan penting bagi kehidupan manusia, manusia memerlukan produk yang dihasilkan dari hutan.

Provinsi Kalimantan Barat terletak di bagian barat pulau Kalimantan atau antara garis 2˚08’ Lintang Utara dan 3˚02’ Lintang Selatan serta diantara 108˚30 – 114˚10 Bujur Timur pada peta bumi. Berdasarkan letak geografis yang spesifik, daerah Kalimantan Barat dilalui garis Khatulistiwa (garis lintang 0˚) tepat berada di atas Kota Pontianak. Pengaruh letak ini menjadikan Kalimantan Barat sebagai salah satu daerah tropik dengan suhu udara cukup tinggi serta diiringi kelembaban yang tinggi.

Kebakaran hutan dapat terjadi oleh faktor yang disengaja dan tidak disengaja. Faktor kesengajaan ini pada umumnya disebabkan oleh tindakan oknum tidak bertanggung jawab yang membuang puntung rokok secara sembarangan dan pengusaha-pengusaha kelapa sawit yang secara sengaja membakar dengan alasan ingin melakukan pembukaan lahan. Penyebab dari masalah kebakaran hutan yang terjadi dikarenakan adanya perubahan iklim (terutama pada musim kemarau) adalah karena kesalahan sistemik dalam pengelolaan hutan secara nasional. Dalam hal ini, ada pengusaha perkebunan sawit yang lebih memilih metode land clearing dengan cara membakar daripada metode lain, metode ini lazim dilakukan di Kalimantan Barat. Pada mulanya kerusakan lingkungan hanya terbatas pada tingkat domestik.

Menghadapi situasi ancaman kebarakan karhutla ini, PMI Kota Pontianak memobilisasi  KSR dan SIBAT untuk melakukan promosi kesehatan dan layanan kesehatan gratis serta membagi masker dan hand sanitasi dari rumah ke rumah.

PELAKSANA :

Relawan PMI Kota Pontianak

tujuan :

  • Memberikan layanan cek kesehatan gratis dan layanan kesehatan bagi warga terdampak asap kebakaran hutan dan lahan.
  • Mendistribusikan masker dan hand sanitasi bagi warga.
  • Membantu rujukan warga yang benar benar urgent seperti sesak nafas dan punya penyakit lainnya ke puskesmas / Dinas Kesehatan Kota Pontianak.
  • Mendukung dinas kesehatan dalam menyediakan layanan oksigen , Obat-obatan dan vitamin.
  • Melaksanakan Promosi Kesehatan dan cara cara penanganan kedaruratan gangguan pernafasan karena asap

SUMBER PENDANAAN

Dana Hibah APBD

CAKUPAN AREA

Wilayah Kota Pontianak

penerima manfaat

Warga terdampak asap karhutla

GALERI FOTO KEGIATAN

LINK SOSIAL MEDIA

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi :

Nama Penulis : Arifin Muh. Hadi

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Silakan masukkan kode akses anda (nama pengguna/alamat email dan katasandi dengan mengisi kolom di bawah ini dengan benar.

https://pustaka.pmi.or.id/slot-gacor/ https://sukabumikota.pmi.or.id/slot-gacor/ https://sukabumikota.pmi.or.id/slot-deposit-dana/ https://kuduskab.pmi.or.id/slot88/ https://ppi.pmi.or.id/slot-ovo/ https://mipa.uns.ac.id/slot-gacor/ https://biosains.mipa.uns.ac.id/slot-dana/ http://kimia.mipa.uns.ac.id/slot88/